Cara Menanam Anggur Dari Biji

Tempat Hijau - Hallo sobat semua kali ini saya akan share Cara Menanam Anggur Dari Biji. Bagi kalian yang ingin menanam tanaman anggur tapi tidah memiliki bibit tamanan anggur caranya gampang, kalian kalau beli anggur jangan dibuang bijinya karena kita bisa menyemainnya untuk ditanam dipekarangan rumah kita.

Banyak dari kita beranggapan bahwa anggur tidak bisa ditanam dari biji anggur yang kita beli di pasaran (anggur konsumsi). Padahal sangat memungkinkan untuk mendapatkan bibit anggur hasil tanam biji. Cara ini sudah banyak dilakukan, coba anda perhatikan rumah-rumah di perkotaan, terkadang atap kanopi mereka ditumbuhi oleh tanaman rambat, dan tahukah anda kalau tanaman rambat itu sebenarnya pohon anggur dari hasil tanam biji.


Oke langsung aja bagi kalian yang sudah penasaran caranya ikuti aja langkah langkah berikut ini.



  1. Merendam biji anggur dalam air selama kurang lebih 24 jam
  2. Pilih dan ambil biji anggur yang tenggelam, dan buang yang melayang.
  3. Siapkan wadah transparan, tisu selembar. Pasang tisu yang sudah dibasahi air, pada dasar wadah.
  4. Susun biji anggur yang sudah dipilih tadi dipermukaan tisu basah.
  5. Tutupi wadah dengan tutupnya dengan erat atau bisa dengan plastik, hal ini agar kelembaban tetap terjaga.
  6. Simpan wadah pada tempat yang sejuk, dan biarkan biji dalam wadah tadi kurang lebih 2 minggu.
  7. Sesudah 2 minggu biji dan tisu akan terlihat menghitam, dan pada sebagian biji akan muncul seperti serat diujungnya.
  8. Pindahkan biji-biji anggur tersebut ke tempat/wadah penyemaian (pot, polybag, dll) yang diisi media tanam yang mengandung tanah dan pupuk (saya mencampur tanah dengan pupuk kandang).
  9. Simpan wadah penyemaian di tempat yang tidak terkena matahari secara terus menerus, usahakan di tempat yang apabila dipagi hari terkena sinar matahari, dan semakin siang tidak terkena matahari. Jangan biarkan wadah di tempat yang terlalu terbuka yang dapat menyebabkan kehujanan terus menerus.
  10. Siram penyemaian secara teratur di pagi dan sore hari.
  11. Tumbuhnya pohon anggur dari biji memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan berbeda-beda pada tiap bijinnya, jadi bersabarlah. Saya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu untuk melihat biji anggur pertama tumbuh menjadi pohon kecil.
  12. Sesudah biji mulai tumbuh jadi pohon anggur, pohon anggur harus sinar matahari setiap pagi, dan jangan menyiram air berlebihan serta jangan biarkan air tergenang dalam wadah, karena dapat menyebabkan akar/batang busuk.
Sekian tutorial kali ini tentang cara menanam anggur dari biji, semoga bermanfaat

Related Posts:

4 Responses to "Cara Menanam Anggur Dari Biji"

  1. Cara menanam anggur ini sangat mudah ya mas? seperti langkah membuat toge dari kacang hijau yang sudah diajarkan sejak Sekolah Dasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin untuk langkah No.2 bisa di ganti dengan kata "mengambang", soalnya kalo melayang itu kan persamaan dengan terbang hehehe

      Hapus
  2. Wah baru tahu kalo mau nanem anggur ternyata begini... Mudah pisan oy...

    BalasHapus
  3. wah mantap mash, jadi tahu nih cara menanam anggur :)

    BalasHapus