Teknik Membuat Bonsai Pohon Kelapa

Sudah tidak asing lagi untuk seseorang yang hobi dengan tanaman bonsai Kelapa yaitu tanaman yang lama tumbuh, tetapi sering  dipakai beberapa orang  sebagai hiasan di halaman rumah dengan cara dibonsai. Nah untuk tahu bagaimanakah cara membuat bonsai pohon kelapa, Berikut ini adalah langkah dasar pembuatannya


Jenis jenis kelapa yang bisa jadikan Bonsai


  • Kelapa Gading Susu

cara membuat bonsai Kelapa gading susu berwarna putih jenis kelapa hibrida ini banyak tumbuh di daerah subtropis, namun biasanya digunakan juga sebagai kelapa taman juga sebagai pengganti pohon palem.


  • Kelapa Gading Merah

cara membuat bonsai Kelapa Gading merah juga yaitu kelapa hibrida dengan warna yang merah kekuning-kuningan kelapa ini betul-betul unik dan cantik untuk di buat bonsai kelapa namun system pemrosesannya harus menggunakan banyak pupuk dan vitamin tanaman yang lain, karena kelapa gading merah riskan akan kehilangan (Kambium) zat hijau daunnya, sampai apabila kekurangan zat tanam, jadi kelapa gading merah batangnya akan berpindah warna jadi hijau, dan zat merahnya akan hilang, sampai yang harus ditangani adalah ubah media tanah, pupuk, dan vitamin yang lain.


  • Kelapa Albino (berwarna Putih Silver)

cara membuat bonsai kelapa ini sama juga dengan 2 contoh kelapa di atas, namun banyak sebagian pengohobi merubah bonsai kelapa agar memiliki batang yang berwarna putih silver agar terlihat unik atau albino (untuk merubahnya jadi albino akan saya terangkan pada bab setelah itu).

Tahap pertama cara membuat bonsai kelapa mini adalah pengupasan sabut kelapa. Selanjutnya, mini kelapa ditanam di dalam pot

1. Pengupasan sabut kelapa 

  • Supaya sabut gampang dilepaskan, kulit sisi belakang (berlawanan arah dengan tunas) dipotong dengan  pisau tajam atau gergaji besi.

  • Dengan  pisau, di buat sayatan membujur dari arah tunas menuju ke belakang. Sayatan di buat sampai tentang batok.



  • Kulit kelapa dikupas dengan hati-hati supaya tidak mengakibatkan kerusakan batok ataupun akarnya. Langkahnya, sayatan ditarik dengan memakai tangan, pisau, atau tang. Sayatan janganlah ditarik apabila sabut dari sayatan pada awal mulanya belum bersih. Hal semacam ini untuk memudahkan pelepasan sabut selanjutnya. Didalam sabut kadang-kadang juga telah ada akar tumbuh hingga penarikan sabut mesti hati-hati agar akar tidak rusak.



  • Batok kelapa dikerok dengan pisau tajam. Sesudah bersih, batok dihaluskan dengan ampelas kasar supaya tampak lebih menarik.



2. Penanaman Kelapa ini 

a. Media tanam disediakan dengan mencampurkan pasir, tanah, serta pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1. media itu dimasukkan dalam pot ceper atau pot yang meninggi. Pot ceper semakin banyak dipakai lantaran lebih berikan kesan artistik.


b. Supaya perkembangan daun tidak menjulang ke atas pinggir pelepah pada daun baru yang belum buka di hilangkan dengan hati-hati.

Dengan batok yang masih tetap ada sudah bikin tanaman kelapa ini menarik. Daya tarik ini masih tetap bisa ditambah lagi dengan tampilnya daun-daun melengkung ke. Daun kelapa yang melengkung ini bukanlah adalah mutasi genetik, namun berniat di buat. Umumnya kelapa yang di buat atau dipertunjukkan seperti ini yaitu kelapa mini. Langkahnya, daun yang baru tumbuh (masih tetap muda serta lemas) sehari-hari dilengkungkan atau digulung ke dengan jari. Ibu tulang daunnya juga dilengkungkan perlahan. Perlakukan ini yang terus-menerus serta teratur hingga bakal membuahkan daun menggulung ke serta keseluruhannya tampak menarik. Karena, apabila batok kelapa sudah terlepas atau sangat terpaksa dilepaskan lantaran pecah, umpamanya, jadi tanaman ini juga terus tampak unik.

Related Posts:

4 Responses to "Teknik Membuat Bonsai Pohon Kelapa"

  1. bagus sekali kang baru tau kalo kelapa juga bisa di bongsai. lucu ya bulet2 bawahnya

    BalasHapus
  2. cara nya cukup mudah ya, untuk pengupasan kepala itu, pake kelapa yang udah tua apa masih muda , mksdnya kan kelapa ada yang buat kelapa di minum ada kelapa yang buat di masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelapa tua, asal bukan kepala.. wkwkwk..

      Hapus